sarkub
Selasa, 15/09/2009 15:00 WIB

MUI: Hilal Sudah 3 Derajat Pada Sabtu, Idul Fitri 20 September

Didi Syafirdi - detikRamadan
Gambar
Jakarta -Idul Fitri kemungkinan akan dirayakan serempak di Indonesia. Majelis Ulama Indonesia (MUI) berpendapat, Idul Fitri 1430 H akan jatuh pada Minggu, 20 September, sama dengan perhitungan Muhammadiyah.

MUI memprediksi Idul Fitri jatuh pada 20 September atas dasar perkiraan ketinggian bulan yang sudah mencapai 3 - 5 derajat pada Sabtu, 19 September malam.

"Kemungkinan besar akan Lebaran itu jatuh pada hari Ahad, karena tinggi hilal (bulan) pada Sabtu malam kemungkinan sudah mencapai 3 sampai 5 derajat," kata Ketua MUI bidang Fatwa Ma'ruf Amin di kantornya, Jalan Tugu Proklamasi, Jakarta Pusat, Selasa (15/9/2009).

"Kalau hilal sudah mencapai 2 derajat kemungkinan Ahad itu ditetapkan sebagai hari raya," kata Ma'ruf yang juga tokoh NU.

Namun untuk memastikannya, MUI akan berpegang pada sidang Isbat yang akan dilakukan Departemen Agama pada Sabtu depan. "Kita tetap berpegang pada sidang isbat besok," katanya.

Jadi kalender tidak bisa menjadi pedoman? "Tanggal merah itu hanya perkiraan, yang bikin tanggal kurang teliti. Seharusnya penghitungan hisab sudah bisa diperkirakan, malam minggu itu kemungkinan 3 derajat," jawab Ma'ruf.

Sebelumnya, Menteri Agama Maftuh Basyuni sudah menyampaikan, kemungkinan besar Idul Fitri tahun ini memang akan maju sehari dari perkiraan kalender. Warga Muhammadiyah pun juga akan berlebaran pada 20 September.

(ken/iy)
 sumber : http://ramadan.detik.com/
Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!
Label: |